Kamis, Maret 03, 2011

Peranan Air Dalam Tubuh Kita

Fakta mengatakan hampir seluruh tubuh kita (sekitar 75%) bersumber dari air. Inilah fakta-fakta yang belum banyak kita ketahui tentang air dan tubuh manusia:
  • Air sangat penting, tidak hanya untuk kesehatan tetapi juga untuk dapat melakukan fungsi kerja tubuh secara optimal
  • Fungsi kognitif – kemampuan untuk berpikir jernih, kemampuan mengingat dan mempelajari informasi baru dapat berkurang apabila anda mengalami dehidrasi ringan.
  • Bahkan dehidrasi ringan sebesar 1,3% pun dapat mempengaruhi kewaspadaan, mood dan kemampuan berpikir. Wanita bahkan lebih cepat mengalami dehidrasi dibandingkan pria.
  • Dehidrasi ringan sangat umum dialami oleh orang Indonesia – terutama para kaum muda karena memiliki kehidupan sosial dan profesional yang aktif.
  • Kebanyakan orang berpikir bahwa mereka mengalami dehidrasi hanya ketika mereka merasa haus. Padahal sebenarnya saat haus, anda sudah mengalami dehidrasi ringan. 
Nah itulah yang dikatakan oleh Dr. dr Luciana B Sutanto, MS. SpGK tentang peranan air dalam tubuh kita. Selain itu, dokter berparas ayu itu juga mengatakan selain mengatur suhu tubuh, air juga berfungsi untuk melembabkan jaringan mulut, mata dan hidung, melindungi organ dan jaringan tubuh, membantu mencegah konstipasi dan lainnya. Doi juga mengatakan bahwa dehidrasi ringan dapat mempengaruhi mood seseorang. Jadi jika ada seseorang yang sedang marah, berilah dia segelas kopi susu atau air putih yang segar untuk meredakan amarahnya.

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

InstaForex